My V-ira

18 04 2011

Tak terasa sudah 16bulan bersama V-ira(VIxion meRah mAroon). V-ira merupakan vixion  generasi ke-2 keluaran desember 2009 dengan paduan warna merah-hitam-silver yang menurut saya terlihat cantik 🙂 . memulai masa inreyen sesuai buku petunjuk, yaitu mulai 0-500km pemakaian dibatasi sampai 5000rpm. sangat membosankan memang apalagi bagi saya yang baru naik kelas(sebelumnya tunggangan saya adalah suzuki shogun125). pada masa ini pula v-ira saya bawa dari cirebon ke karawang. Dengan menempuh jarak sekitar 200km hanya dengan kec. sekitar 60-70 km/h menjadikan ini solo touring pertama saya. tercatat waktu yang di perlukan untuk sampai ke tempat tujuan sekitar 4 jam 10menit. istirahat di 3 tempat, bukan karena capek, lelah, atau ngantuk melainkan untuk mendinginkan mesin, hehe.. 🙂

V-ira

ini.. penampakannya!! 128kph..

motor ini saya gunakan sebagai kendaraan operasional harian, seluruhnya masih keadaan standar tanpa modif yang aneh-aneh. saya hanya mengganti spion ori dengan spion milik jupiterZ dan stang “jepit” bermerk ahrs serta merubah setting CO dari 0 menjadi +4. mengenai konsumsi bahan bakar(pertamax) pencapaian teririt mencapai 53km/liter. yaitu saat masa inreyen dan CO masih 0. dan terboros didapat 37km/liter, ini setelah CO di-set menjadi +4. namun dalam pemakaian sehari-hari biasanya 1 liter pertamax  bisa menempuh jarak sejauh 44-48km. dan terakhir saya hitung untuk 1liter oplosan 60:40 pertamax-premium menempuh jarak sejauh 42-46km tergantung dari style kita dalam berkendara. Setiap bulannya jarak yang di tempuh V-ira sekitar 1000km dan berhasil saya dokumentasikan saat V-ira mencapai 10.oookm pada bulan kesepuluh saat solo riding ke karawang dan saat itu pula saya mendapatkan kecepatan tertinggi V-ira, yaitu sekitar 128kph tepatnya di jalan raya lohbener, indramayu. bagi rekan2 yang pernah touring lewat pantura pasti akan melewati jalan baru ini. jalan lurus dan mulus sekitar 10km membelah areal persawahan. tempat yang sangat cocok untuk mendapatkan top speed. tapi jangan lupa, utamakan keselamatan dan safety riding yaa sob 🙂 .

Selama 10bulan ini saya merasa puas dan belum merasakan keanehan pada performa V-ira. Untuk perawatan,  saya selalu servis berkala tepat waktu dan mengganti oli setiap 1500km.
untuk masalah oli, sampai 10.000km saya masih mempercayakan pada yamalube.

10.000 km

Namun sejak stel klep dan ganti(mungkin tepatnya menambahkan) cairan radiator coolant pada servis gratis yang terakhir saya beralih ke oli shell advance VSX yang saat ini sudah menjadi shell advance AX7.

(sebelah kanan)dengarkan tarikannya..!!

jangka waktu penggantian olipun menjadi lebih lama yaitu setiap 2000-2500km  dan saat artikel ini di buat. jarak tempuhnya adalah 15971.8km, hampir menyentuh angka 16rb.

jarak tempuh hampir 16rb kilometer

dari pengalaman pengguna vixion lainnya. usia 15.ooo ke atas adalah saat-saat yang rawan, dimana  life time komponen yang tergolong fast moving telah mencapai batas kemampuannya untuk beroperasi secara normal. contohnya yang perlu diberi perhatian lebih yaitu accu atau aki, lampu-lampu, kampas rem, ban, rantai, dan part yang lainnya. untuk V-ira sendiri sepertinya bagian yang akan di ganti dalam waktu dekat yaitu kampas rem.

itulah yang bisa saya share pada artikel kali ini.  semoga bermanfaat.

salam.


Aksi

Information

12 responses

18 04 2011
AditVixyRider

gimana rasanya oli shell mas?harganya brp tuh?katanya mahal ya..pengen pake tapi ga ada duitnya..hehehe..
kalo si boxy kemarin servis katanya ganti oli stiap 3000km tuh..jadi mana nih yg betul?maklum baru punya vixion jadi blm ngerti.. 😀

18 04 2011
atmodhimoro

rekomendasi memang 3rb km, tapi yang saya alami di 1000km aja dah kerasa ga enak mas. makanya saya biasa ganti di 1500km. soal tarikan n durabilitas shell unggul jauh dari oli pabrikan. tapi klo yang biasa bawa ninja y tarikan vixy tergolong smooth 🙂 . shell ax7 harganya cuma beda 8rb dari yamalube sport. yang mahal itu shell advance ultra.

18 04 2011
AditVixyRider

ahihi..kalo tarikan segini sih saya rasa udah kebih dari cukup untuk motor 4 tak 150cc mas..kalo si ijo lepas kopling nyundul2 tuh waktu pake idemitsu..nah si boxy juga ga sengaja pernah wheelie juga..ternyata cukup responsif..sejauh ini sudah puas dengan motor ini..cuma step sering nyangkut ke sepatu bagian blkng euy.. 😀

18 04 2011
Jerry

udah cukup itu mas 😀
vixion ku malah 120an tok mentoknya
paling 125kpj udah mentok :mrgreen:

18 04 2011
atmodhimoro

saya yakin pasti suara mesin vixy bro jerry lebih silent dibanding suara mesin vixy saya. pernah saya konsultasikan ke teman yang ahli mesin(dia lulusan T.mesin UGM). dia mengatakan walaupun sama tipe dan tempat perakitannya tapi clearence of part di mesin itu berbeda. ada 2 tipe, 1.short clearence: jarak antar part sempit sekali, karakternya suara mesin halus. top speed standar. 2.wide clearence: jarak antar part lebih renggang dibanding short clearence, itu yang bikin suara mesin lebih terdengar. jenis mesin vixy saya wide clearence. jd walaupun standar(cuma ubah CO n kebetulan setting CO + klepnya pas) bisa tembus > 125kph. saya juga ga sadar itu mas keenakan betot gaspol n nunduk meluk tangki bensin sampe rpm turun sendiri(mungkin kena limiter)
tapi saya ga mau gaspol lagi, kasian motornya 🙂
makasih udah mampir

19 04 2011
Virus

hooo…gk poengen nyoba racun laen bro..?xixixix…racun standar aja alias pake part standar tpi hasil ny mantab…kyk per kopling tiger, koil new tiger, kampas kopling scorpi dll…xixixixixix…

19 04 2011
azizyhoree

ayoooooooo tinggalkan standart! 😈

17 06 2011
[Share] Oli shell advance ax7.. « Atmodhimoro's Blog

[…] sudah waktunya untuk mengganti oli v-ira, sore tadi saya membeli oli shell advance ax7 seharga Rp 40.000. lebih mahal sekitar Rp 8000 dari […]

18 06 2011
ipanase

jossssssssssssssssssss

13 08 2011
Amrull El Noor

pas vixi saya sktr 3000an km, pernah dapet top speed 130 km pas.. ga blum dibetot pol… masih standart abis, cm gnti stang ninja, n gasoline pake pertamax, tp tobat… ga berani lg, rasanya nyawa mo mencelat keluar…

20 08 2011
willykk

waw manteps.. btw ada yg punya tips nyari pixy seken ? ane jadi naksir 😳
http://willykk.wordpress.com/2011/08/18/pixy/
nitip dongengan sapatau menarik.. 😳
http://willykk.wordpress.com/2011/06/15/yangmahal-fiction/

13 11 2014
sucahyoaji

Mohon maaf, apa mas ada waktu untuk eksperimen alat penambah tenaga, namanya cic, sifatnya open source. Dibuat dari kabel NYA 2.5mm atau kabel jaringan komputer, berupa lilitan diatas lilitan. efek yang tercatat untuk suzuki spin adalah akselerasi dan top speed mengalahkan merek lain. Untuk CBR150 top speed bertambah 5%. Untuk CB150R bisa capai 125kmph di gigi 5.

Penasaran hasilnya untuk motor lain karena motor sendiri cuma matic, nggak ada rpm dan roda sudah nggak standard.

Bila tertarik, mohon maaf mas harus membuat cic ini sendiri. Instruksi cic:
https://www.facebook.com/notes/cemenite/cic/606059166173631

Tinggalkan komentar